Perkembangan Denim di Indonesia

Di Indonesia denim sangatlah digemari, hal ini juga ditandai dengan banyaknya bermunculan brand yang mengutamakan bahan denim. Biasanya denim digunakan pada acara-acara santai seperti berbelanja di mal, kuliah di kampus atau sekedar hang out dan nongkrong bersama teman-teman. Sekarang denim tidak hanya dipakai pada celana jeans, tapi juga dipakai untuk pakaian, aksesoris, bahkan juga tas.

Dari pemrosesan bahan denim dikenal dua tipe utama yaitu dry dan wash denim. Raw/Dry denim adalah bahan denim yang belum mendapatkan post-treatment, dalam hal ini yaitu denim yang baru selesai dibuat langsung dijual. Hal yang dapat dilihat untuk membedakan bahan “raw” dengan yg tidak adalah bahan raw cenderung keras dan warnanya lebih gelap. Bedanya dengan wash denim adalah dry denim bisa di fading yakni berubahnya bentuk dan warna denim karena lamanya pemakaian.

Satu brand jeans lokal yang sudah mencapai manca negara adalah Peter Say Denim (PSD). Brand ini menggabungkan musik dengan jeans."Saya disini bener-bener mau memperkenalkan music melalui jeans dan bahkan sebaliknya memperkenalkan jeans melalui music, coz I think everybody listens to music, mau lo bikers, mau lo skater, surfer ato designer, lo pasti butuh music, and music is universal," ucap Peter Firmansyah pemilik PSD. 


Lain halnya dengan PSD yang mempergunakan bahan denim untuk celana Jeans, Lomberg Bags brand yang berdiri di tahun 2013 ini menggunakan bahan dry denim sebagai bahan dasar tasnya. “Tas yang terbuat dari bahan denim memang kuat dan kita menggunakan bahan dry denim agar bisa difading. Selain itu, tas denim dapat dipakai disegala kondisi tanpa ada larangan, ini berguna untuk pencinta denim yang ingin mengekspresikan hobinya di kantor,” ucap Alfon dan Dennis pemilik Lomberg Bags.

tas denim Lomberg

Dari perkembangannya bahan denim bisa dibilang sebagai tren yang tidak ada akhirnya, karena terus berkembang dan digemari sampai sekarang. Kedepannya dapat dipastikan akan bermunculan banyak kombinasi dan penggunaan baru dari bahan denim ini. Jadi mari tunjukkan bahwa Indonesia mempunyai produk denim yang berkualitas.

4 comments: