Cara Mencuci Denim / Jeans

Bagaimana cara merawat denim?
Ada beberapa bagian dalam merawat denim yakni cara merendam (soak), mencuci, mengerinkan, membersihkan noda yang ada di denim, dan memperbaiki denim yang rusak.

Berikut adalah pengetahuan dalam membersihkan fashion berbahan denim

Cuci atau Fading?
Hal yang diyakini selama ini adalah denim akan semakin bagus jika jarang dicuci. Hal ini benar juga, karena fading terjadi karena ada gesekan pada bagian denim yang mengakibatkan indigo terlepas dari denim. Pada hakikatnya begitu kita celupkan denim pada air maka indigo akan terlepas, sehingga pada bagian yang terkena gesekan, indigo akan terlepas dan terjadi perbedaan warna pada bagian2 tertentu.

Hal ini membuat pecinta denim jadi menghindari air, karena menurut mereka air melepas indigo pada denim dan merusak hasil fading. Sebenarnya hal mengenai indigo loss tergantung pada kualitas denimnya. Dalam hal ini denim dengan kualitas indigo dan teknik dying yang baik akan dapat menahan indigo dengan lebih kuat. Hal ini berpengaruh pada pengurangan indigo loss, sehingga fading semakin mantap.

Cara Mencuci Denim
Dalam mencuci denim jangan menggunakan deterjen dengan pemutih. Carilah deterjen tanpa pemutih. Setelah deterjen yang cocok didapatkan, lanjut ke bagian cara mencuci yang benar. 
Jika menggunakan mesin cuci, jangan menggunakan putaran yang terlalu kencang, karena hal ini dapat berpengaruh terhadap rajutan pada denim sehingga bagian tertentu akan melemah rajutannya dan beresiko bolong. Anda bisa juga mencoba mencuci denim dengan tangan, karena lebih aman dari putaran mesin cuci.

Aliran Mencuci Denim/Jeans
Ada 2 aliran dalam mencuci denim, pertama adalah aliran dingin dimana kita menggunakan air dingin untuk mencuci. Aliran ini biasanya dipakai oleh orang yang ingin cuci denim / jeansnya tapi tidak ingin indigonya lepas banyak.
Aliran panas digunakan ketika kita ingin mendapatkan fading yang kontras karena dapat menghasilkan indigo loss lebih banyak. Hal ini juga berpengaruh untuk mendapatkan penyusutan denim yang maksimum.

Mengeringkan Denim
Anda bisa menggunakan sinar matahari yang tidak terlalu terik untuk mengeringkan denim.
Bisa juga menggunakan tumble dryer, tapi usahakan panas yang dihasilkan oleh dryer tidak terlalu panas, karena dapat menambah penyusutan pada denim anda.
Hal lain yang harus dihindari adalah setrika. Setrika yang terlalu panas dapat merusak bahan jeans, dan hal seperti crease, honeycombs, whisker yang sudah dibentuk bisa hilang.

Mencuci Prewashed Denim
Ketika merawat prewashed denim efek distressed yang sudah ditentukan menjadikan anda tidak perlu takut dalam frekuensi mencucinya. Dalam hal lain tentu saja prewashed denim harus d
Dalam hal lainnya tentu saja prewashed harus dirawat dengan baik.



Sekian info mengenai cara mencuci denim. Anda juga bisa mengunjungi situs Lomberg Bags untuk informasi mengenai tas berbahan dasar denim / jeans.
Lomberg adalah brand fashion yang berfokus pada tas berbahan dasar denim / jeans.
Selengkapnya kunjungi kami di: www.lombergbags.com

4 comments: